Amandemen Undang-Undang Hak Cipta di Norwegia

Norwegia telah melakukan amandemen terhadap undang-undang hak ciptanya pada tanggal 1 Juli 2013. Amandemen undang-undang hak cipta tersebut akan memberikan keleluasaan kepada pemegang hak cipta di internet untuk memonitor aktivitas internet dan memerintahkan pengadilan untuk untuk menyelidiki akan adanya dugaan pelanggaran hak cipta.

 

Sebagai bagian dari perubahan undang-undang hak cipta ini, perusahaan bisa melakukan penyelidikan terhadap seseorang yang melakukan aktivitas yang melanggar hak cipta di Internet dan juga akan membidik penyedia layanan internet (ISP).

 

Sebelumnya, hanya satu perusahaan yang memiliki ijin yang bisa melakukan langkah pengawasan internet ini, tetapi saat ini para pemilik hak cipta ataupun group usaha akan bisa memiliki ijin untuk melakukan langkah yang serupa dengan terlebih dahulu memberitahukan kepada lembaga pengawasan internet Norwegia.

 

Monica Syrdal, Konsultan HKI pada kantor Hukum Hjort di Oslo mengatakan bahwa “Amandemen Undang-Undang hak cipta ini akan mengijinkan pemilik hak cipta untuk mengumpulkan IP Adress yang dicurigai dari internet, kemudian ketika pemilik hak cipta sudah memiliki cukup bukti adanya pelanggaran yang terjadi, pemilik hak cipta dapat mengajukan pengaduan kepada pengadilan Norwegia untuk meminta pengadilan Norwegia memerintahkan ISP setempat mengungkapkan identitas IP Adress yang dicurigai tersebut”.

 

Ketika seorang pemilik hak cipta telah mendapatkan alamat lengkap website yang mengandung konten yang melanggar hak ciptanya, mereka bisa membawa kasus pelanggaran tersebut ke pengadilan atau mengajukan nota pelanggaran kepada pemilik websitenya langsung”.

 

Pemilik hak cipta dapat pula meminta pengadilan untuk memerintahkan ISP di Norwegia memblok secara langsung website yang mengandung pelanggaran terhadap konten hak ciptanya

 

Amandemen Undang-Undang Hak Cipta ini telah menjadikan Norwegia menjadi negara pertama yang memberikan perlindungan sangat kuat kepada pemilik hak cipta terhadap pembajakan di Internet.

 

Undang-undang hak cipta baru ini memungkinkan pemilik hak cipta untuk memperjuangkan hak-haknya secara aktif tanpa menggantungkan akan adanya pelanggaran hak ciptanya kepada kepolisian Norwegia secara langsung.

 

Editor : Agus Candra Suratmaja, S.P

Staf Manajemen Strategis Am Badar & Partners

 

Sumber :

Diterjemahkan dari New Copyright Amendments Go Live in Norway dalam http://www.worldipreview.com/news/new-copyright-amendments-go-live-in-norway diakses 3 Juli 2013

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment