Amandemen Undang-Undang HKI di Guatemala untuk Melindungi Perusahaan Asing

Amandemen Undang-Undang HKI telah disahkan di Guatemala, amandemen ini akan memungkinkan perusahaan dari luar negeri untuk melindungi produk mereka dan memastikan keaslian produk mereka.

Amandemen Undang-Undang HKI Guatemala telah disahkan oleh kongres, hal ini akan memungkinkan badan internasional untuk mendapatkan perlindungan indikasi asal.

Sebuah indikasi asal akan memastikan bahwa hanya produk-produk yang benar-benar berasal dari daerah tertentu yang diijinkan untuk diidentifikasi dalam perdagangan.

Di masa lalu, hanya perusahaan dalam negeri di Guatemala saja yang bisa mengajukan perlindungan indikasi asal, hal ini menyebabkan masalah bagi perusahaan-perusahaan asing yang telah memiliki perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) merek dagang mereka, namun dilanggar oleh perusahaan-perusahaan lokal di Guatemala.

“Menurut kami hal ini akan membuat investor internasional di Guatemala lebih memiliki kepastian hukum pada Hak Kekayaan Intelektual yang mereka miliki” jelas Hector Palomo, Partner pada Palomo y Porras, Kantor Konsultan HKI di Guatemala.

“Sekarang para Investor akan dapat memperoleh perlindungan yang tidak diberikan kepada mereka di masa lalu, dan ini akan menarik, sehingga mudah-mudahan lebih banyak lagi investor yang akan berinvestasi di Guatemala”.

Dia menambahkan bahwa : “Dengan amandemen Undang-Undang HKI ini akan menghormati prinsip perdagangan, dan mengijinkan para pemilik indikasi asal untuk mendapatkan perlindungan dan menjamin investasi mereka di Guatemala”.

“Langkah ini merupakan langkah maju untuk mengikuti perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Eropa, dan dalam bidang indikasi asal ini, kami pikir sekarang adalah saat yang tepat bagi investor dari luar negeri untuk mengajukan perlindungan dan mengambil keuntungan dari aturan baru ini”.

Indikasi asal ini diharapkan akan dilaksanakan di Guatemala dalam beberapa minggu mendatang.

Amandemen ini juga mencakup penggunaan sarana publikasi merek dagang melalui buletin online yang diterbitkan oleh kantor HKI Guatemala, mulai efektif pada Januari 2014, yang akan memungkinkan pemilik merek untuk melihat merek dagang baru.


Editor :

Agus Candra Suratmaja, S.P

Staf Manajemen Strategis Am Badar & Partners

 

Sumber :

Diterjemahkan dari Guatemala Announces New IP Laws to Protect Foreign Companies dalam http://www.worldipreview.com diakses 29 Juli 2013.

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment