Menikmati Lagu Melalui Playbutton

Playbutton

Sumber : http: www.playbutton.com

 

Saat ini kita bisa menikmati musik dalam sebuah media yang unik, yaitu media bernama PlaybuttonTM, yaitu sebuah media pemutar musik yang bentuknya seperti sebuah pin yang disematkan kedalam pakaian. Namun, dibalik pin tersebut terdapat sebuah tombol untuk memutar iringan musik yang telah disimpan file musik secara permanen. Didalam Pin ini akan dapat tersambung dengan sebuah lubang earphone. Memang, Jika kita lihat sekilas bentuknya ibarat pin saja, namun jika kita teliti, tenyata PlaybuttonTM merupakan sebuah PIN yang bisa memutar musik. Salah satu kelebihan PlaybuttonTM ini, Selain kita bisa mendengarkan musik, kita pun bisa memajang foto grup band atau artis kesayangan kita pada pin tersebut.

Salah satu grup band Indonesia yang menggunakan media PlaybuttonTM untuk mempromosikan dan menjual lagunya adalah grup band Alexa.

playbutton alexa

Sumber Foto : www.alexatheband.com

Group Band Alexa dalam promo lagu terbarunya menggunakan media PlaybuttonTM ini, diharapkan dengan adanya media playbutton PlaybuttonTM pembajakan musik dapat dikurangi di Indonesia. Karena, diharapkan media PlaybuttonTM ini dapat menghidupkan kembali penjualan musik secara fisik yang selama redup karena banyak dibajak. Salah satu kelebihan PlaybuttonTM Ini adalah penjualan musik secara artistik, yaitu menjual musik dengan cara yang kreatif, karena memadukan unsur musik dan seni grafis sehingga memberi nilai tambah pada musiknya, dengan media ini, musik tidak hanya bisa untuk didengarkan, namun musik pun bisa menjadi media fashion untuk mempercantik penampilan.

Lalu berapakah harga sebuah PlaybuttonTM ini, sebagai perbandingan sebuah lagu Justin Bieber ‘Believe’ dijual dengan harga $ 19.99 untuk 13 lagu dalam sebuah Playbutton ini. Berikut adalah gambar Playbutton Justin Bieber :

 

justin beiber playbutton

Sumber Gambar : http://playbutton.com/collections/private-events/products/justin-bieber-believe

 

Menjadi sebuah pertanyaan, apakah kehadiran media pemutar musik PlaybuttonTM ini bisa meredam pembajakan musik ?, jika kita amati, kehadiran PlaybuttonTM bisa menjadi sebuah solusi untuk mengatasi pembajakan musik. Karena nilai tambahnya lebih besar lagi yang akan didapatkan oleh konsumen, konsumen akan mendapatkan kenikmatan musik dan fashion, pengabungan musik dan fashion ini merupakan langkah cerdas untuk mengatasi pembajakan.

 

Smartphone VS Playbutton

 

Apakah Playbutton dapat menggantikan smartphone ?, jika kita melihat harga yang ditawarkan di luar negeri, kisaran harga PlaybuttonTM masih berkisar antara 15-25 dolar, kalau dirupiahkan dengan kurs dolar saat ini terhadap rupiah yaitu, Rp.11.500 maka harga sebuah PlaybuttonTM itu sekitar Rp.172.500 – Rp.287.500. Harga sebuah PlaybuttonTM yang masih tergolong sedikit mahal ini tentu akan menjadi sebuah hambatan bagi para penyuka musik itu sendiri, karena biasanya di smartphone sudah banyak sekali koleksi musik-musik penyayi favorit mereka.

Gaung Playbutton memang masih belum terdengar di Indonesia, namun di pastikan dalam beberapa bulan kedepan gaung PlaybuttonTM ini akan membanjiri Indonesia, yang patut diwaspadai adalah hadirnya PlaybuttonTM palsu yang membanjiri Indonesia yang dijual dengan harga yang sangat murah di kisaran 50 ribuan. Tentu saja kehadiran teknologi baru selalu menghadirkan pembajakan jenis baru, jika saja produk baru tersebut mudah untuk ditiru.

Keyword :

Hak Cipta Musik, Alexa Band, Playbutton Alexa Band, Pembajakan Musik, Strategi Penanggulangan Pembajakan Musik, Pendaftaran Hak Cipta Musik


Ditulis Oleh :

Agus Candra Suratmaja, S.P

Staf Manajemen Strategis Am Badar & Partners

Agus Candra Ukuran Kecil Banget



Am Badar & Partners

Jalan Wahid Hasyim No.14, 3rd – 4th Floors Jakarta 10340 Indonesia

Phone  : +62-21 3983 7314, 3983 7315

Fax      : +62-21 3983 7300, 3983 7319

Email    : info@ambadar.co.id

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment