Muso dan VK.com Mencapai Kesepakatan Anti Pembajakan

muso

Keterangan : Situs Muso.com Membantu Melindungi Pemilik Hak Cipta terhadap Pembajakan Online.

 

Perusahaan anti pembajakan online, Muso.com, telah mencapai sebuah kesepakatan dengan website sosial media, VK.com, untuk melakukan kegiatan sensoring terhadap musik bajakan di website VK.com

Muso.com adalah sebuah perusahaan perlindungan Hak Cipta yang bekerja secara online, perusahaan ini berkantor di London dan Los Angeles, dengan sistem sensoringnya Muso.com akan membantu situs VK.com, untuk menghapuskan file-file musik ilegal dari websitenya.

VK.com adalah situs sosial media terbesar kedua di Eropa setelah Facebook, situs ini mengijinkan jutaan penggunanya untuk saling berkirim pesan antara sesama anggotanya, saling berbagi file gambar, file audio dan file video. Banyaknya file audio mp3 musik ilegal menyebabkan situs media sosial VK.com ini akhirnya menjalin kerjasama dengan Muso.com untuk melakukan kegiatan sensoring terhadap file-file musik ilegal.

Situs VK.com dapat mengijinkan orang-orang untuk melakukan kegiatan pengunggahan, pencarian dan streaming multimedia, termasuk dari situs-situs file sharing yang terhubung kedalam jaringan website VK.com.com. Muso.com mengklaim bahwa sekitar 77 % file musik dan file video yang di sharing di situs VK.com.com adalah tidak berlisensi.

 

vk

Sumber : Kumpulan Lagu-Lagu ilegal yang diupload di situs sosial media VK.com

 

Berdasarkan kesepakatan perjanjian tersebut, Muso.com, yang mewakili lebih dari 1.000 perusahaan-perusahaan media, akan terus memonitor keberadaan file-file ilegal di situs VK.com, dan secara otomatis akan memberitahukan klien mereka jika sekiranya ada file ilegal yang diunggah di website VK.com.

Kesepakatan perjanjian ini diantaranya adalah, penghapusan ratusan situs mp3 yang dishare secara ilegal kepada 32 juta orang melalui tampilan antar muka situs VK.com, dapat dilakukan kata Andy Chatterley pendiri situs Muso.

Andy Chatterley mengatakan bahwa, munculnya file mp3 bajakan yang bisa diperoleh dengan cara pengunduhan ilegal serta keberadaan situs-situs streaming, adalah tantangan terbesar yang dihadapi oleh industri musik saat ini.

Igor Motsnyi, Partner pada Kantor Hukum Motsnyi di Moskow, mengatakan bahwa selama sekitar 5 tahun ini, situs VK.com telah terkenal di Rusia untuk menyediakan akses kepada konten-konten ilegal.

Muso.com akan secara khusus melakukan sensoring dan monitoring terhadap situs-situs torrent, jelas Chatterley, tetapi situs VK.com “berdiri sendiri” kerena mengijinkan situs-situs lain untuk tersambung dan berbagi seluruh datanya kepada jaringan.

“Disinilah bahayanya bagi situs VK.com, karena situs-situs mp3 tidak memerlukan prosedur log in terlebih dahulu”.

Menurutnya Perjanjian baru ini, akan memiliki efek positif untuk mengurangi pembajakan.

“Hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah menghapus visibilitas sebanyak mungkin file-file yang tidak berlisensi, karena anda tidak bisa mengurangi pembajakan dibawah undang-undang saat ini. Situs-situs mp3 di situs VK.com begitu terlihat, sehingga dengan menghapus file musik yang tidak berlisensi dari database mereka, maka kami seketika akan dapat menghapus visibilitas mereka.”

Sumber :

Diterjemahkan dari http://www.worldipreview.com/news/muso-and-vk-com-strike-anti-piracy-deal diakses pada 19 Agustus 2013

Editor :

Agus Candra Suratmaja

Staf Manajemen Strategis Am Badar & Partners

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment