Pelanggaran Konten Hak Cipta di Situs Berbasis UGC dan Penggunaan Software IDM Ilegal

Oleh : Agus Candra Suratmaja, S.P

Staf Manajemen Strategis Am Badar & Partners

youtube

Sumber Foto : www.youtube.com1

Keterangan : Disitus Berbasis UGC ini kita bisa menemukan sebanyak 500 konten musik ilegal group musik Bimbo tersedia dan bisa diunduh secara ilegal.

Di Era Internet saat ini, kita bisa menikmati sebuah karya cipta tanpa harus memiliki bentuk fisiknya2, sebagai contoh adalah kehadiran situs user generated content (UGC)3youtube, bisa menjadi sebuah media gratis dalam menikmati sebuah karya cipta tanpa harus memiliki bentuk fisik karya cipta tersebut. Di youtube kita bisa menikmati berbagai konten digital musik dan cuplikan sebuah film secara gratis baik yang di upload secara resmi oleh pemilik konten digital maupun konten ilegal yang di upload oleh bukan pemilik konten digital tersebut. Masih banyaknya konten-konten ilegal di website berbasis UGC merupakan sisi lemah dari website berbasis UGC ini, karena konten sebuah website tidak lagi dimonopoli oleh pengelola, melainkan dapat dibuat oleh para penggunanya. Oleh karena itu, maka konten dari website berbasis UGC ini sangat rawan untuk diisi dengan konten-konten yang melanggar Hak Cipta.

Sebagai contoh, lagu ilegal grup musik Bimbo yang diunggah di situs UGC youtube didapatkan angka sekitar 500 lagu ilegal Bimbo yang bisa dilihat dan diunggah secara bebas oleh para netter di situs ini. Jumlah 500 konten lagu ilegal Bimbo ini banyak di upload oleh para pemilik akun youtube. Oleh karena itu, kiranya perlu sebuah aturan yang lebih ketat bagi sebuah website berbasis user generated content untuk mensensor konten-konten yang melanggar hak cipta.

Tingginya tingkat pembajakan Hak Cipta di ranah internet tidak bisa dipisahkan dengan kehadiran situs UGC yang mengandung konten-konten yang melanggar Hak Cipta, karena situs-situs UGC ini bisa memfasilitasi siapapun untuk mengunggah konten digital melalui website berbasis UGC. Hal inilah yang menjadi salah satu titik lemah perlindungan Hak Cipta di ranah dunia online, karena penyebaran konten ilegal menyebar sangat cepat dibandingkan dengan tingkat pengawasannya. Satu-satunya cara untuk menanggulangi pembajakan konten digital ini adalah dengan pengetatan konten yang melanggar Hak Cipta dan kesadaran kita sendiri untuk tidak mengunggah dan mengunduh konten yang melanggar Hak Cipta di situs berbasis UGC ini. Selain itu, perlunya kesadaran kita bersama untuk selalu mengawasi karya cipta konten-konten di situs-situs berbasis UGC agar kita secara bersama-sama bisa melakukan pengaduan jika ditemukan adanya konten-konten yang melanggar Hak Cipta di situs berbasis UGC ini.

Banyaknya konten bajakan di situs brebasis UGC ini diperparah dengan kehadiran sebuah software pendownload bajakan, seperti software Internet Download Manager (IDM) Bajakan. Software IDM adalah adalah sebuah software yang dibuat untuk membantu kita mempercepat dan mempermudah dalam mendownload suatu file dari internet.4 Software ini mampu melakukan pengunduhan dengan cepat yaitu dengan cara membagi data yang sedang diunduh menjadi beberapa bagian terpisah untuk kemudian disatukan kembali setelah proses mengunduh selesai. Proses ini dinamakan multipart, Proses multipart ini dilakukan secara bersamaan dan kecepatannya hingga 500 % atau lima kali lipat lebih baik dibandingkan dengan software pengunggah lain.5

Kombinasi situs berbasis UGC yang mengandung konten-konten bajakan dan penggunaan software IDM bajakan bisa menjadi sebab tingginya tingkat pembajakan konten Hak Cipta di Internet. Berdasarkan data, sebuah pencarian kata kunci dari mesin pencari google dengan kata pencarian free internet download manager serial number di internet ditemukan sekitar 6.470.000 hasil pencarian. Data ini menunjukan bahwa jumlah orang yang mencari software IDM ilegal sebagai sarana pembajakan sangat besar sekali. Data yang lebih menghebohkan adalah ketika kita melakukan pencarian di mesin pencari google dengan kata pencarian free internet download manager crack6ditemukan sekitar Sekitar 17.600.000 hasil pencarian. Dari data ini kita bisa melihat bahwa aktivitas para netter untuk memperoleh software IDM Bajakan sangat tinggi sekali.

idm

Sumber : jwdesigner.wordpress.com7

Keterangan : Software IDM Bajakan dengan mudahnya bisa kita temukan di Internet. Software ini menjadi salah satu alat untuk melakukan pengunduhan konten-konten ilegal dari Internet seperti musik, film dan software ilegal.

 

Tingginya aktivitas pencarian software bajakan IDM ditengarai untuk melakukan aktivitas pengunduhan konten-konten file, musik, fim, dan software ilegal di Internet. Oleh karena itu, untuk menanggulangi pembajakan konten karya cipta di internet seperti musik, film, software dan karya cipta lainnya, maka tugas pemerintah dalam hal ini Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Dirjen Hak Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan Hak Azasi Republik Indonesia, perlu kiranya melakukan pemblokiran terhadap website dan blog yang menyediakan sarana pengunduhan software IDM bajakan serta melakukan pengawasan terhadap situs-situs internet yang berbasiskan UGC seperti Youtube.

Pengawasan Konten Hak Cipta di Situs Berbasis UGC

Karena Undang-Undang Hak Cipta merupakan undang-undang yang bersifat delik aduan, maka peran serta masyarakat yang sadar HKI kiranya perlu untuk selalu dilibatkan akan pengawasan website-website yang mengandung muatan pembajakan Hak Cipta ini. Didalam Undang-Undang Hak Cipta, UU No 19 Tahun 2002 pada pasal 56 (1) disebutkan bahwa Pemegang Hak Cipta berhak mengajukan gugatan ganti rugi kepada Pengadilan Niaga atas pelanggaran Hak Ciptaannya dan meminta penyitaan terhadap benda yang diumumkan atau hasil Perbanyakan Ciptaan itu. Selain peran serta masyarakat yang sadar akan HKI, peran aktif dari pemilik Hak Cipta pun perlu untuk selalu mengawasi karya ciptanya di situs-situs berbasis UGC ini, sehingga jika pemilik hak cipta menemukan karya ciptanya di unggah secara ilegal ke situs-situs berbasis UGC, pemilik Hak Cipta bisa melakukan gugatan secara hukum dan meminta situs UGC ini untuk menghapus konten dan pengunggah ilegal dari daftar situs nya.

Peran Cracker dalam Pembajakan Hak Cipta

Sebuah pembajakan Hak Cipta di jagad internet selalu melibatkan para cracker (Hacker jahat) yang handal yang selalu bisa menyediakan tool-tool terbaru sebagai alat untuk melakukan pembajakan. Perlindungan konten Hak Cipta di ranah dunia maya itu lebih sulit daripada di dunia nyata, karena kita akan dihadapkan dengan para cracker-craker handal yang selalu memiliki keahlian yang luar biasa terlatih dan handal untuk menghasilkan tool-tool pendukung sebagai sarana pembajakan, dan memberikan teknik-teknik terbaru untuk melakukan pembajakan sebuah software dan konten hak cipta di internet. Oleh karena itu, semua kembali kepada kesadaran kita masing-masing. Jika kita sadar bahwa menghargai karya seseorang itu merupakan sebuah kesadaran yang timbul dari hati nurani kita, maka kita tentu tidak akan melakukan penggunggahan konten-konten yang melanggar hak cipta, dan kita pun tidak akan mungkin mengunggah konten-konten ilegal ke situs-situs UGC ini.

Sekarang tinggal bagaimana kita menumbuhkembangkan kesadaraan untuk menghargai karya cipta seseorang, karena kemajuan teknologi internet selalu saja membuka celah-celah baru, cara-cara baru untuk melakukan sebuah cara dan teknik pembajakan konten-konten digital diranah dunia online terutama situs berbasis UGC ini.

Sumber :

1. Pencarian Lagu Bimbo di Situs UGC youtube.com http://www.youtube.com

2. Darusman. C.N. 2013. Menyelamatkan Sistem Perlindungan Hak Cipta dan Upaya Menghargai Karya Cipta. Jurnal Hak Kekayaan Intelektual. AKHKI. Vol 1. No. 1 April 2012.

3. User Generated Content atau disingkat UGC, dikenal juga dengan istilah consumer-generated media (CGM) atau user created content (UCC) adalah merujuk pada berbagai tipe konten media, tersedia untuk umum, yang diproduksi oleh end-user. Kemajuan teknologi web memungkinkan konten website tidak lagi dimonopoli oleh pengelola, melainkan dapat dibuat oleh para penggunanya. UGC merupakan salah satu ciri dominan Web 2.0. MediaWiki adalah salah satu contoh aplikasi web yang menyediakan fitur UGC http://www.tanyapedia.com/apa-itu-user-generated-content/

4. Apakah IDM Itu ? http://www.google.co.id/tanya

5. Internet Download Manager http://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Download_Manager

6. Dalam istilah komputer crack diartikan sebagai melakukan pembobolan password atau kunci suatu program agar program tersebut dapat digunakan tanpa perlu membayar http://www.google.co.id/tanya

7. Crack IDM http://jwdesigner.wordpress.com/2012/11/19/internet-download-manager6-12-with-crack-files-idm/

 

 

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment