Pertumbuhan Industri UKM di Cina Berbasiskan Paten Sederhana

Oleh : Agus Candra Suratmaja, S.P

Staf Manajemen Strategis Am Badar & Partners

 

Cina adalah salah satu negara yang banyak menghasilkan paten sederhana1, berdasarkan data dari kantor Paten Cina, pendaftaran paten sederhana yang telah dilindungi sampai dengan November 2012 dari pendaftaran domestik tercatat sebanyak 2.610.888 paten sederhana.2 Banyaknya paten sederhana yang telah dilindungi di Cina ini telah menjadi tulang punggung kebangkitan industri berbasis UKM Cina. Banyak industri baru tumbuh dan berkembang pesat di Cina karena telah mengaplikasikan paten sederhana yang dihasilkan. Berbagai produk dan alat baru hasil pengembangan paten sederhana mereka dan mengandung nilai ekonomi banyak dihasilkan oleh negara Cina.

Perusahaan-perusahaan berbasis UKM di Cina lebih menyukai untuk mendaftarkan paten sederhana dari pada paten, karena syarat untuk mendaftarkan paten sederhana itu lebih mudah dan tidak mahal. Selain itu sektor industri di Cina bisa lebih cepat untuk mengaplikasikan paten sederhana yang dihasilkannya didalam industri UKM mereka.

Berdasarkan data Kementrian Perdagangan Amerika Serikat, saat ini berbagai provinsi di Cina mulai tumbuh sektor industri berbasis UKMnya karena banyaknya industri yang mengadospi paten sederhana. Strategi ini terbukti dapat merangsang tumbuhnya inovasi dan pertumbuhan ekonomi baru berbasiskan paten sederhana.3 Kemampuan Cina untuk menghasilkan industri baru berbasiskan paten sederhana sangat luar biasa besarnya, hal ini bisa kita lihat dari banyaknya ekspor alat dan produk yang dihasilkan oleh negara Cina ke berbagai negara.

Semenjak UU Paten diberlakukan di Cina pada tahun 1984, paten sederhana di Cina telah bisa memajukan inovasi di dalam negerinya dan bisa memberikan perlindungan bagi sektor industri berbasis UKM. Pemerintah Cina sangat memfasilitasi perusahaan-perusahaan baru untuk mendaftarkan paten sederhana mereka, diantaranya adalah perusahaan Suzhou Haixin Mechanical & Electrical Equipment Co., Ltd yang telah menghasilkan 50 paten sederhana. Sehingga saat ini telah mampu menjadi penyuplai alat dan produk bagi perusahaan-perusahaan besar seperti KONICA MINOLTA, SONY, and NIKON.

Perusahaan lainnya adalah Suzhou Touchstone International Medical Science Co., Ltd sebuah perusahaan pembuat alat bedah yang telah mengekspor produknya ke negara-negara Eropa dan Amerika Utara, saat ini perusahaan tersebut telah menghasilkan 297 paten sederhana. Dari sebuah paten sederhana inilah banyak perusahaan start up Cina yang berkembang menjadi perusahaan-perusahaan besar. 4

Majunya sektor Industri berbasis UKM di Cina tidak lepas dari strategi pembelian lisensi paten sederhana, sebuah lisensi paten sederhana banyak dibeli oleh perusahaan-perusahaan start up untuk diadopsi dalam industrinya. Perusahaan-perusahaan berbasis UKM di Cina telah banyak mengadopsi paten sederhana dan membeli berbagai lisensi paten sederhana dari beberapa peneliti di negara mereka untuk diterapkan dalam industri berbasis UKM mereka. Dari data diketahui bahwa 60 % paten sederhana yang telah dilindungi di Cina telah banyak diaplikasikan ke dalam Industri UKM Cina.

Langkah pemerintah Cina dalam memajukan sektor Industri berbasis UKMnya, dapat kita adopsi untuk memajukan industri berbasis UKM di Indonesia. Peran Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangaan, Kementrian Koperasi dan UMKM kiranya sangat diperlukan untuk mendorong para pengusaha UKM untuk diberikan berbagai pelatihan dan pendampingan agar mereka mampu berinovasi dan menghasilkan sebuah paten sederhana, selain itu kiranya pemerintah perlu mempertemukan para pengusaha UKM dengan para inventor baik dari kalangan pemerintah maupun swasta agar bisa saling bersinergi dalam menguatkan sektor industri berbasis UKM ini. Pemerintah Indonesia bisa memberikan kemudahan bagi para inventor dalam proses pendaftaran paten sederhana yang dihasilkannya sekiranya hasil invensinya bisa memberikan keuntungan bagi para pengusaha UKM. Dengan demikian, akan banyak paten sederhana yang dihasilkan dan dapat dilisensikan kepada kalangan industri berbasis UKM di Indonesia. Sehingga industri UKM di Indonesia bisa terus berkembang dan memiliki daya saing.

Sumber :

1. Setiap Invensi berupa produk atau alat yang baru dan mempunyai nilai kegunaan praktis disebabkan oleh bentuk, konfigurasi, konstruksi, atau komponennya dapat memperoleh perlindungan hukum dalam bentuk paten sederhana.

2. Distribution of Grants for Patents for Utility Model and Design Received from Home and Abroad http://english.sipo.gov.cn, diakses 26 Juni 2013

3. China’s Utility Model Patent System: Innovation Driver or Deterrent. http://www.uschamber.com, diakses 26 Juni 2013

4. Development of China’s Utility Model Patent System http://english.sipo.gov.cn, diakses 26 Juni 2013

 

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment