Perubahan Undang-Undang Desain Industri di Malaysia

Malaysia telah membuat sejumlah perubahan terhadap undang-undang desain industrinya, termasuk perubahan jangka waktu perlindungan dari 15 tahun menjadi 25 tahun.

 

undang-undang desain industri tahun 2013 yang mulai diberlakuan pada tanggal 1 Juli 2013 ini memungkinkan pemilik desain industri untuk memperpanjang pendaftaran desain industrinya selama empat kali perpanjangan masing-masing selama 5 tahun, setelah periode perlindungan di 5 tahun pertama.

 

Perubahan penting lainnya dari undang-undang desain industri tahun 1996 ini adalah dalam proses pemeriksaan desain industri di Kantor HKI Malaysia. Kantor HKI Malaysia akan menggunakan hak prioritas dari luar negeri sebagai dasar untuk menilai kebaruan sebuah desain industrinya.

 

Perubahan ini akan membawa undang-undang desain industri Malaysia sejalan dengan wilayah hukum internasional. Sebagaimana dikatakan oleh Hemingway, partner dari firma hukum Marks & Clerk LLP in Kuala Lumpur.

 

Menurutnya, “Ini merupakan upaya dari harmonisasi – dimana negara Inggris dan Uni Eropa keduanya telah melakukan perlindungan desain industri selama 25 tahun”.

 

Menurut Tracy Wong dari Kantor Konsultan HKI Christopher Lee & Co mengatakan bahwa perpanjangan perlindungan desain industri di Malaysia akan memberikan manfaat bagi para pengusaha agar bisa memberikan perlindungan yang lebih lama pada desain industrinya, selain itu perlindungan desain industri yang lebih lama ini bisa menjadi alat kolateral untuk meminta pinjaman ke bank.

 

Menurutnya, amandemen undang-undang desain industri di Malaysia, akan mendorong kreatifitas pelaku usaha kecil dan menengah di Malaysia, sehingga mereka bisa meningkatkan standar desain industrinya dan menjadikan Malaysia menjadi negara yang maju.

 

Perubahan kecil lainnya dalam undang-undang desain industri Malaysia adalah pemilih hak desain industri bisa memperbaharui desain industri mereka sebelum batas waktu berakhirnya perlindungan (6 bulan dari batas akhir perlindungan desain industrinya).

 

Syarat Kebaruan

 

Persyaratan untuk menilai kebaruan sebuah desain industri di Malaysia akan diperluas. Sebuah desain industri dikatakan memiliki kebaruan, jika desain industri tersebut belum pernah diungkapkan ke publik sebelum tanggal prioritas permohonan desain industrinya. 2

 

Peningkatan Jumlah Pendaftaran Desain Industri di Malaysia

 

Berdasarkan data, sekitar 1.800 desain industri telah terdaftar di Malaysia pada akhir tahun ini, sedangkan pada periode yang sama sekitar 4.000 Desain Industri telah terdaftar di Inggris dan lebih dari 22.500 desain industri terdaftar di Uni Eropa.


Editor :

Agus Candra Suratmaja, S.P

Staf Manajemen Strategis Am Badar & Partners

 

Sumber :

1. Diterjemahkan dari Malaysia Updates Industrial Design Law dalam www.worldipreview.com diakses 11 Juli 2013.

2. Industrial Designs (Amendment) Act 2013 – Monetising ID Rights dalam http://www.thesundaily.my

diakses 12 Juli 2013.

3. Amendments to Industrial Designs Act Bring Regime Change dalam http://www.internationallawoffice.com diakses

diakses 12 Juli 2013.

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment