WIPO Berencana Membuka Lima Kantor Regional Baru

Menurut draf rancangan anggaran WIPO tahun 2014-2015, WIPO direncanakan akan membuka lima kantor regional baru di negara Amerika Serikat, Cina, Rusia, dan dua negara di benua Afrika.

 

Pada pertemuan panitia anggaran WIPO yang diadakan pada tanggal 8-12 Juli 2013 di kantor pusat WIPO di Jenewa Swiss, terdapat 20 negara yang meminta WIPO agar bisa membuka kantor regionalnya di negara mereka.

 

Dengan pembukaan 5 kantor regional di negara-negara strategis ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan WIPO.

 

Kantor regional WIPO ini diharapkan dapat menjadikan pelayanan WIPO menjadi lebih efisien dan efektif, selain itu dengan adanya kantor regional dapat memberikan kemudahan dalam memberikan layanan pendaftaran merek melalui mekanisme protokol madrid dan pendaftaran paten melalui mekanisme PCT. 1

 

Selain itu, kantor regional WIPO ini diharapkan bisa memberikan bantuan teknis, peningkatan kapasitas, dan mengurangi biaya perjalanan oleh para pejabat dari kantor pusat WIPO di Jenewa Swiss.2

 

Sekjen WIPO, Francis Gurry mengatakan bahwa pembukaan kantor regional WIPO harus berada dalam kawasan yang strategis dan representatif.

 

WIPO saat ini telah memiliki kantor regional di Rio de Janeiro, Brazil, Singapore, dan Tokyo, Jepang, dan juga memiliki kantor penghubung di New York, Amerika Serikat.

 

Salah satu kantor regional WIPO yang akan di buka adalah di negara Cina, salah satu alasannya karena Cina merupakan negara yang banyak pendaftaran HKInya, selain itu Cina memiliki Kantor Merek terbesar di Dunia.

 

Sedangkan negara Rusia, menyambut baik dengan akan dibukanya kantor regional WIPO di negaranya, karena Rusia akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar dalam hal memperkuat partisipasi Rusia dalam Sistem HKI global WIPO.

 

Menurut Ed Anderson, Partner dari Konsultan HKI Sheppard Mullin Richter & Hampton LLP mengatakan bahwa “Bagi Amerika Serikat, kehadiran kantor regional WIPO di negaranya akan memberikan kesempatan untuk meningkatkan penggunaan sistem HKI global WIPO melalui kehadirannya di Silicon Valley”.

 

Selain itu, “Kehadiran kantor regional WIPO di Amerika Serikat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan industri elektronik, medis dan sains di Amerika Serikat”.

 

Editor :

Agus Candra Suratmaja, S.P

Staf Manajemen Strategis Am Badar & Partners


Sumber :

1. Diterjemahkan dari WIPO Plans to Open Five New Offices dalam http://www.worldipreview.com diakses 17 Juli 2013.

2. WIPO Seeks To Open New Offices Around The World dalamhttp://www.ip-watch.org diakses 18 Juli 2013.

 

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment