WIPO Menyatakan Berada di Barisan Terdepan untuk Kemajuan Inovasi

Swiss telah mempertahankan posisinya sebagai negara inovator terkemuka di dunia, sementara Amerika Serikat dan Inggris menduduki lima besar dunia, hal ini berdasarkan data yang dikeluarkan oleh World Intellectual Property Organisation (WIPO).

 

Global Innovation Index (GII), telah mengakui akan pentingnya inovasi dalam mendorong kemakmuran suatu negara dan telah mengumumkan daftar 142 negara yang terdepan dalam inovasi.

 

Swiss berada di urutan teratas selama dua tahun berturut-turut diikuti oleh Swedia dan Belanda dalam urutan 5 besar.

 

Global Innovation Index (GII) yang telah dipublikasikan bersama dengan WIPO, Universitas Cornell dan sekolah bisnis INSEAD, sejak diluncurkan pada tahun 2007, GII telah menjadi referensi bagi para pebisnis dan politisi untuk mencari pengetahuan yang dalam tentang kekuatan sebuah inovasi.

 

Berdasarkan pernyataan Direktur Jenderal WIPO Francis Gurry, data-data diatas menunjukan bahwa negara-negara tersebut telah dapat mempertahankan kekuatan inovasi globalnya meskipun sedang terjadi kemunduran ekonomi dikawasan Uni Eropa.

 

Dia mengatakan bahwa “pusat inovasi semakin dinamis dan berkembang diseluruh dunia meskipun keadaan ekonomi global dalam keadaan yang sulit, pusat inovasi ini memanfaatkan keunggulan-keunggulan lokal dengan pandangan global terhadap pasar”.

 

Para pembuat kebijakan di tingkat nasional yang akan berusaha untuk mendukung sebuah inovasi, harus menyadari bahwa sebuah kekuatan inovasi yang dimiliki oleh negaranya adalah lebih baik dari pada pendekatan untuk meniru inovasi yang telah berhasil di negara lain”. Karena menurutnya, sebuah inovasi yang diterapkan di negara lain belum tentu cocok untuk diterapkan dinegara sendiri.

 

Ada sebanyak 84 indikator yang digunakan untuk menyusun daftar indek inovasi ini, termasuk didalamnya adalah ketersediaan universitas yang berkualitas, ketersediaan lembaga keuangan mikro dan ketersediaan lembaga penjamin modal ventura di suatu negara.

 

Editor :

Agus Candra Suratmaja, S.P

Staf Manajemen Strategis Am Badar & Partners

Source :

Diterjemahkan dari Wipo Announces Front Runners for Innovation dalamhttp://www.worldipreview.com/news diakses 2 Juli 2013

 

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment