Universal Music Jadi Sponsor Pertama WIPO For Creators

WIPO For Creators adalah gerakan yang digagas oleh WIPO (World Intellectual Property Organization) atau Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia yang bertujuan untuk memastikan bahwa pencipta di seluruh dunia diakui dan dihargai secara adil untuk pekerjaan mereka. Gerakan ini sebetulnya sudah dimulai sejak tahun 2020, saat Music Rights Awareness yang berbasis di Swedia, kampung halamannya pemusik terkenal, mulai dari ABBA, Roxette, hingga Avicii menggandeng WIPO untuk menyatukan para pembuat konten, pemerintah, pemangku kepentingan lainnya di seluruh dunia dalam sebuah komunitas yang bertujuan untuk mempromosikan tujuan konsorsium.

Dalam sambutannya atas bergabungnya Universal Music sebagai sponsor pertama dari sisi korporat, Direktur Jenderal WIPO Daren Tang mengatakan, “Senang sekali menyambut Universal Music Group (UMG) ke dalam keluarga WIPO untuk para kreator dan melihat perusahaan musik seperti UMG mengambil peran utama dalam upaya kami untuk mempromosikan kesadaran akan hak kekayaan intelektual di antara para kreator di seluruh dunia.”

Manfaat dari kemitraan ini dinilai akan sangat luas dan penting, terutama bagi pencipta di negara berkembang yang di mana terdapat bakat seni berlimpah. Daren berharap dapat bekerja sama dengan UMG untuk melibatkan pemain besar lainnya untuk memastikan manfaat WIPO untuk kreator dapat dirasakan secara dekat maupun jauh.

Anggota ABBA, Björn Ulvaeus dan Music Rights Awareness Foundation sebagai inisiator menyatakan berita ini sangat menggembirakan dan sangat menginspirasi, serta memberi harapan bahwa Universal Music Group akan memberikan dukungan penuh terhadap WIPO dan kepeduliannya kepada para para kreator. Mereka juga menilai bahwa Lucian dan Jody Gerson (CEO Universal Music Group) adalah orang-orang yang memiliki pemahaman mendalam tentang pencipta dan bagaimana mereka bekerja. Semuanya itu dapat dari pengalaman pribadi, bahwa mengetahui bahwa hadirnya perusahaan musik global dibalik ini semua adalah sebuah berita yang baik. Ini akan memberikan sebuah dorongan untuk proyek ini dan diharapkan mudah-mudahan dapat menarik pemain lain di industri ini untuk memberikan dengan murah hati seperti yang sudah dilakukan Universal Music Group.

Ketua dan CEO Universal Music Group, Sir Lucian Grainge mengatakan bahwa para pencipta, penulis lagu, artis rekaman, atau mereka yang mengekspresikan diri melalui bentuk seni lainnya adalah inti dari semua mereka lakukan di UMG. Para kreator memiliki potensi untuk menggerakkan budaya dalam skala global melalui kekuatan bakat mereka. Lucian menilai bahwa tidak ada yang tahu ini lebih baik dari Björn. “Dia telah mendedikasikan hidupnya untuk menciptakan musik yang ikonik yang mendefinisikan suatu genre dan pada saat yang sama dia juga menjadi pengacara yang tidak kenal Lelah untuk para penulis lagu,” terangnya.

Lucian mengungkapkan kegembiraannya karena senang bisa bergabung dengan Björn dan semua teman kami di Music Rights Awareness dan WIPO untuk mendukung WIPO untuk pekerjaan penting milik para creator. 

Kemudian ketua dan CEO dari Universal Music Publishing Group (UMPG) mengatakan, “UMPG berjuang setiap hari untuk memastikan bahwa pencipta dapat diakui dengan benar dan diberi kompensasi yang adil untuk pekerjaan mereka. Dalam bermitra dengan Music Rights Awareness Foundation dan WIPO sebagai bagian dari WIPO untuk kreator, kami melanjutkan misi kami untuk melindungi penulis lagu sekaligus meningkatkan transparansi seputar proses hak. Selalu, saya mendorong semua orang, terutama komunitas musik dan seni, untuk berdiri bersama kami dalam melindungi pencipta dan hak kekayaan intelektual mereka.”

Sebagai sponsor, UMG akan membantu mendanai “Platform Kreator” dari WIPO For Creators yang merupakan platform online untuk mendukung kreator lintas seni melalui video “microlearning” interaktif berkualitas tinggi, menampilkan kreator terkenal, dan secara teratur terus memberikan informasi terbaru. Serta memberikan jawaban cepat dalam bentuk teks maupun video dari pertanyaan-pertanyaan para pembuat konten yang muncul secara real-time.

Jika Partners membutuhkan informasi lebih lanjut tentang Hak Cipta, jangan ragu untuk menghubungi dengan cara meninggalkan pesan di kolom komentar, media sosial, atau email ke marketing@ambadar.co.id.

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment