IP DAY 2021: Peran KI dalam Membangun Bisnis yang Lebih Kuat, Lebih Kompetitif, dan Tangguh bagi UMKM

Happy World IP Day!

26 April adalah Hari Kekayaan Intelektual Internasional atau dikenal dengan Intellectual Property Day (IP Day). Berbeda dengan tahun sebelumnya yang bertemakan green invention, pada IP Day tahun 2021, ini World Intellectual Property Organization (WIPO) mengusung tema Kekayaan Intelektual dan UMKM, sehingga IP Day 2021 menyoroti peran penting Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian dan bagaimana UMKM dapat menggunakan hak Kekayaan Intelektual (KI) untuk membangun bisnis yang lebih kuat, lebih kompetitif, dan tangguh.

Seperti yang telah diketahui, di Indonesia perkembangan UMKM sangatlah pesat dan peran KI di dalamnya sangatlah penting. Dalam sebuah UMKM pasti memiliki setidaknya 1 (satu) jenis KI karena sejatinya modal utama dari sebuah UMKM bukanlah besarnya modal akan tetapi kreatifitas dan ide dari pembuatnya. 

UMKM mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, UMKM dituntut kreatif dan inovatif berani mengambil langkah dengan menghasilkan produk barang yang dari segi kualitasnya tidak kalah dengan produk dari perusahaan besar. Salah satu caranya adalah dengan menghasilkan produk hasil dari kekayaan intelektual. Sehingga, para pelaku UMKM perlu untuk memahami tentang pentingnya perlindungan terhadap kekayaan intelektual yang dimilikinya. 

Dengan perlindungan hukum terhadap produk produk UMKM melalui pemanfaatan kekayaan intelektual (KI) maka persaingan bisnis menjadi lebih kondusif dengan adanya kepastian hukum lebih jelas terkait mana yang sudah terlindungi dan mana yang belum mendapatkan perlindungan. Pemerintah pun telah berupaya sedemikian rupa untuk memberikan edukasi terkait pentingnya KI bagi UMKM. 

Selain edukasi, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) memberikan fasilitas-fasilitas guna memberikan kemudahan pendaftaran KI yaitu dengan pendaftaran KI secara online. Bahkan, terdapat perbedaan biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang lebih murah untuk pendaftaran KI UMKM.  

Am Badar & Am Badar sebagai konsultan KI terkemuka di Indonesia memiliki perhatian tinggi pada UMKM. Am Badar & Am Badar kerap kali memberikan edukasi-edukasi kepada UMKM melalui sebuah webinar yang dihadiri oleh komunitas UMKM.

Dalam waktu dekat ini, Am Badar & Am Badar akan berkolaborasi dengan The Australia-Indonesia Center dan Association for Information Systems Indonesia (AISINDO) untuk memberikan edukasi terkait pentingnya KI bagi UMKM. Jangan segan untuk menghubungi Am Badar & Am Badar untuk mendapatkan edukasi terkait KI bagi UMKM, kami akan dengan senang hati membantu Anda menemukan perlindungan yang tepat untuk usaha Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai webinar GRATIS ini, Anda bisa menghubungi kami di marketing@ambadar.co.id.

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment