Kesuksesan The Walt Disney Company dengan Kekayaan Intelektual

Bob Chapek, CEO Walt Disney Company

Sejak 20 Februari 2020, The Walt Disney Company mempunyai CEO baru yang bernama Bob Chapek. Ia menggantikan posisi Bob Iger, CEO Disney sebelumnya, sebuah  dari perusahaan hiburan yang merupakan rumah dari banyak judul animasi populer, serial dan film Marvel, Pixar, hingga Star Wars.

Sebelum menjadi CEO ke-7 dari Disney, Bob Chapek menjabat sebagai ketua Disney Parks, Experience and Products. Jabatan tersebut mengurus taman rekreasi dari Disney yang tersebar di Amerika, Eropa, dan Asia. Selain itu juga mengurus produk operasional dari Disney yang termasuk bisnis lisensi terbaik di dunia yang meliputi mainan, pakaian, barang rumah tangga, permainan, dan aplikasi.

Bob Chapek telah bekerja di perusahaan tersebut selama 27 tahun, dan selama ia bekerja di sana, ia sudah terkenal dengan kemahirannya dalam menangani Kekayaan Intelektual dari perusahaan tersebut sampai sekarang.

Disney sendiri sudah menjadi perusahaan yang memiliki banyak sekali aset kekayaan intelektual dan hal itu telah menjadi salah satu bagian terbesar dalam kesuksesannya. Dengan kata lain, The Walt Disney Company sangat berhasil dalam mengeksploitasi kepemilikan kekayaan intelektualnya. Pada tahun 2019, Disney mempunyai pendapatan sebesar 70 Miliar USD dan 66% dari pendapatan tersebut berasal dari pemanfaatan hak cipta.

Disney melakukan merger dengan perusahaan-perusahaan yang mempunyai karakter-karakter yang tidak hanya sekedar seorang putri kerajaan atau pahlawan super saja, namun karakter-karakter tersebut mempunyai kepribadian lalu pengolahannya melalui penggambaran dan penyampaian cerita yang baik.

Tentunya karakter-karakter tersebut dilindungi oleh hak cipta, karena merupakan salah satu aset kekayaan intelektual. Melihat hal tersebut, dapat dirasakan bahwa memang Bob Chapek adalah orang yang dapat dianggap tepat untuk menjabat CEO dari The Walt Disney Company.

Disney telah membuktikan pentingnya kepemilikan kekayaan intelektual bagi sebuah perusahaan. Kekayaan intelektual bukan hanya merupakan aset, namun juga dapat menjadi salah satu faktor suksesnya perusahaan.

Kami Am Badar & Am Badar konsultan Kekayaan Intelektual yang sudah berpengalaman lebih dari 50 tahun memberikan jasa kami kepada perusahaan baik luar maupun dalam negeri. Jangan ragu untuk menghubungi kami jika ada pertanyaan terkait kekayaan intelektual, melalui e-mail marketing@ambadar.co.id atau jika ada pertanyaan dapat dituliskan di kolom pertanyaan di bawah.

 

Sumber:

  1. https://www.mondaq.com/india/copyright/895560/role-of-ip-in-the-growth-of-disney
  2. https://www.polygon.com/2020/2/27/21156667/bob-chapek-iger-disney-ceo-guide-marvel-star-wars-pixar
  3. https://thewaltdisneycompany.com/leaders/bob-chapek/

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment