Pembebasan Paten Sabuk Pengaman

Nils Bohlin (1920-2002), insinyur mekanik volvo penemu sabuk pengaman.

Pembebasan Paten vaksin Covid-19 menjadi pembicaraan di khalayak ramai, karena pembebasan paten tersebut dianggap penting untuk dilakukan mengingat vaksin covid sangat dibutuhkan mendesak oleh masyarakat, dan pemberian paten atas vaksin tersebut akan berpengaruh pada harga vaksin yang menjadi lebih mahal.

Beberapa tahun silam, pembebasan paten juga pernah dilakukan dengan mempertimbangankan keselamatan masyarakat, yakni pembebasan paten atas sabuk pengaman tiga titik yang ditemukan oleh Nils Bohlin, seorang insinyur di perusahaan otomotif Volvo pada tahun 1959.

Hal yang melatarbelakangi penemuan seatbelt 3 titik ini adalah, pada tahun 1950-an adalah masa ketika pilot dan pengemudi balap mengenakan sabuk pengaman, tapi berbentuk sabuk pengaman dua titik yang belum sempurna. Desain sabuk pengaman dua titik ini memiliki banyak kekurangan dan bahkan bukan fitur yang standar untuk digunakan pada mobil. 

Presiden Volvo saat itu adalah Gunnar Engellau, yang menderita kerugian pribadi langsung akibat kecelakaan lalu lintas. Tragedi pribadi ini mendorong Engellau untuk menemukan solusi yang lebih baik. Engellau menetapkan masalah ini sebagai hal yang mendesak. Volvo akan menemukan solusi yang lebih baik, dan menjadi pembuat mobil pertama yang menstandarkannya. Pada saat ini lah Engellau merekrut Nils Bohlin dari perusahaan saingannya, Saab.

Setelah penemuan tersebut, sabuk pengaman tiga titik pun diadopsi dan digunakan oleh produsen mobil lain. Alasan mengapa sabuk pengaman tiga titik diadopsi secara luas sebenarnya karena Volvo membuka patennya sehingga produsen mobil mana pun dapat menggunakan sabuk pengaman tiga titik temuan Bohlin. Volvo memutuskan untuk membebaskan paten atas sabuk pengaman tidak titik dengan pandangan bahwa penemuan itu sangat penting, memiliki nilai lebih sebagai alat penyelamat hidup gratis daripada sesuatu untuk mendapatkan keuntungan.

Dan atas keputusan tersebut, Volvo mengukir ruang dalam industri mobil yang kompetitif dengan menjadikan keselamatan pengemudi dan penumpang sebagai bagian inti dari mereknya. Ini adalah sebuah pemahaman yang patut dijadikan renungan pagi produsen kendaraan.

Saat ini Volvo dapat dengan bangga menyatakan bahwa, “Hanya sedikit orang yang telah menyelamatkan nyawa sebanyak Nils Bohlin.” Dan mereka benar. Nils Bohlin adalah insinyur Volvo yang kurang dikenal, tapi sabuk pengaman yang ia ciptakan telah berhasil menyelamatkan jutaan nyawa dari kecelakaan karena mereka telah menggunakan sabuk pengaman dengan baik dan benar.

Akan tetap perlu diingat, pembebasan Paten ini bukan berarti Volvo tidak mendaftarkan paten sabuk pengamannya. Pendaftaran tetap dilakukan, namun bebas digunakan tanpa perlu membayar royalti. Jika Partners butuh informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Paten, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email marketing@ambadar.co.id.

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment