Steve Jobs: Tanpa Perlindungan KI, Perusahaan Kreatif Akan Hilang

Steven Paul Jobs (24 Februari 1955 – 5 Oktober 2011)

Steve Jobs bisa jadi salah satu orang paling terkenal dan pernah sangat berpengaruh di dunia. Bagaimana tidak, pria kelahiran California ini merupakan pendiri perusahaan teknologi paling terkenal di dunia, yakni Apple inc., yang mengeluarkan produk-produk gadget prestisius seperti iMac, iPhone, dan iPad.

Steve Jobs lahir di California pada tanggal 24 februari 1955. Orangtua Kandung Steve Jobs adalah imigran dari Syria, namun sejak kecil Steve Jobs diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs, orangtua angkat inilah yang memberikan nama Steve Jobs. Sejak kecil Steve Jobs sering membantu ayahnya yang seorang insinyur mesin mengerjakan perkakas elektronik di garasi rumah mereka. Itulah salah satu penyebab minat Steve Jobs akan teknologi muncul.

Masa kuliah Steve Jobs pun tidak berakhir dengan semestinya, Steve Jobs drop out  dari Reed College di Portland Oregon. Namun tidak lama sejak dikeluarkan dari kampusnya, pada awal 1974 Steve Jobs memutuskan untuk bekerja di perusahaan video game, yaitu Atari sebagai desainer video game.

Pada musim gugur tahun 1974, Steve Jobs bertemu kembali dengan teman SMAnya, Stephen Wozniak. Wozniak yang juga memiliki minat dibidang teknologi memberitahu Steve Jobs desain papan induk buatannya. Steve Jobs yang tertarik dengan ide dan kepintaran Wozniak, akhirnya mengajaknya untuk membuat perusahaan sendiri.

Dari hasil penjualan barang pribadi mereka seperti mobil VW dan kalkulator akhirnya mereka memulai usahanya di garasi rumah Steve Jobs, dan produk pertama mereka adalah Apple I. setelah merasa bahwa produk mereka akan sukses jika dijual di pasaran, akhirnya mereka mendirikan perusahaan Apple yang menjual produk berupa komputer pada tahun 1977.

Kesuksesan Apple tidak berjalan mudah, walaupun Apple 2 terbilang sangat sukses karena pada saat itu hampir semua orang ingin memiliki komputer di rumah masing-masing. Tapi untuk Macintosh yang dirilis tahun 1984, yang memang dibuat untuk penggunaan personal, penjualannya jelek karena dianggap kurang bertenaga dan harganya mahal.

Tahun berikutnya juga bukan tahun yang menyenangkan untuk Steve Jobs, karena di tahun itu, ia dipecat dari perusahaan yang dibangun oleh dirinya sendiri karena permasalahan kepemimpinan. Namun Steve Jobs tidak putus asa karena hal itu. Steve Jobs membangun perusahaan saingan yang bernama Next Computer. Next Computer dapat dikatakan cukup sukses, sehingga Steve Jobs memiliki ide untuk mengembangkan bisnisnya dengan membeli pixar. Pixar yang diakuisisi oleh Next Computer, mengalami keuntungan yang sangat besar saat meluncurkan film animasi berjudul “Toy Story” (1995).

Bersamaan dengan berkembangnya Next Computer, Apple berada di ambang kebangkrutan karena gagal bersaing dengan microsoft, hal inilah yang membuat Apple memutuskan untuk memulangkan Steve Jobs. setelah kembali dipegang oleh Steve Jobs, akhirnya Apple kembali kepada jalan yang benar, bahkan sampai saat ini Apple sudah sangat berkembang dan memiliki banyak varian produk. Namun petualangan Steve Jobs bersama Apple harus berhenti pada tahun 2011 karena Steve Jobs harus kalah melawan kanker yang dihadapinya selama 8 tahun.

Steve Jobs merupakan salah satu orang paling berpengaruh di dunia karena idenya yang inovatif. Selain karena idenya yang diluar jangkauan manusia pada umumnya, Steve Jobs merupakan salah satu orang yang sangat peduli akan Hak Kekayaan Intelektual. Dalam salah satu pidatonya dia sempat berkata “If protection of intellectual property begins to disappear, creative companies will disappear or never get started.” Yang berarti tanpa perlindungan kekayaan intelektual, perusahaan-perusahaan kreatif akan hilang dan tidak akan dibuat orang.

Steve Jobs sendiri tercatat memiliki 141 Paten yang terdaftar saat ia masih hidup dan 150-an lagi paten dan desain yang juga mencantumkan namanya, walaupun ia sudah tidak ada.

Dari sana bisa kita simpulkan bahwa Hak Kekayaan Intelektual sangat diperlukan, terutama dalam bisnis kreatif. Jika Partners memiliki pertanyaan seputar Hak Kekayaan Intelektual atau ingin mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual yang dimiliki dapat menghubungi kami di marketing@ambadar.co.id.

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment