The King of Pop, Pemilik Paten Sepatu Anti Gravitasi

Menjadi sebuah inventor paten, tidak harus berasal dari kalangan ahli science atau ilmuwan. Karena proses penemuan invensi paten, itu terkadang berasal dari sebuah kreatifitas atau kebutuhan yang sering digunakan atau dinilai diperlukan oleh si inventor itu sendiri. Salah satunya adalah sang Raja Musik Pop, Michael Jackson.

Michael Joseph Jackson adalah pria kelahiran 29 Agustus 1958  di Gary, Indiana, Amerika Serikat, 29 Agustus 1958 dan menutup usia pada umur 50 tahun yaitu tepatnya pada tanggal 25 Juni 2009. Selain terkenal dengan lagunya, Michael Jackson juga terkenal dengan gayanya yang eksentrik dan juga tarian khas “moonwalk”. Tapi selain moonwalk, ada satu lagi ciri khas legendaris dari mendiang penyanyi pop kenamaan tersebut yang ikonik, yaitu ‘anti gravity lean’ atau berdiri miring anti-gravitasi.

Gaya tarian ‘anti gravity lean’ yang luar biasa ini pertama kali dikenalkan dalam video lagunya yang berjudul “Smooth Criminal”. Dalam video tersebut, ada gerakan ketika dia mencondongkan tubuh ke depan pada sudut yang ekstrem tanpa jatuh. Ternyata gerakan”ajaib” tersebut dibantu oleh bantuan dari sepatu anti gravitasi miliknya 

Michael Jackson menjadi inventor dari paten terdaftar untuk alas kaki anti-gravitasi yang didaftarkan di United States Patent dengan nomor Registrasi. 5.255.452 untuk “Metode dan Sarana untuk Menciptakan Ilusi Anti-Gravitasi.”

Hal yang melatarbelakangi diciptakannya sepatu anti gravitasi tersebut adalah, bahwa pada saat pertama kali dilakukan dalam video sebenarnya dari Smooth Criminal, para penari harus diikat menggunakan harness untuk mencapai kemiringan sudut yang hampir 45 derajat tersebut. Akan tetapi, dalam sebuah pertunjukan secara langsung/live King of Pop ini tidak menginginkan visibilitas dari harness tersebut. Sehingga, Michael Jackson bersama dengan Michael Bush dan Dennis Tompkins memikirkan dan menciptakan sebuah temuan sepatu yang bisa dikaitkan dan dilepaskan pada pengait di atas panggung untuk menciptakan efek yang sama dengan harness. Dan karya intelektual mereka tersebut kemudian diajukan permohonan pendaftaran untuk mendapatkan perlindungan paten pada 29 Juni, 1992 dan terdaftar pada 26 Oktober 1993.

Dikutip dari pangkalan data paten pada WIPO, paten atas sepatu tersebut dialihkan kepemilikannya kepada TRIUMPH INTERNATIONAL, INC. Dan saat ini, status paten tersebut sudah berakhir masa perlindungannya, mengingat perlindungan paten adalah 20 tahun terhitung sejak tanggal permohonan, sehingga paten tersebut berakhir pada tahun 2012 dan sudah menjadi public domain. Meskipun patennya sudah berakhir, akan tetapi gerakan tersebut tetaplah mengingatkan masyarakat kepada sosok King of Pop tersebut.

Dari kisah tersebut, dapat didapat kesimpulan bahwa karya intelektual tidak selalu hanya bisa diciptakan oleh seorang ilmuwan besar. Karya intelektual dapat diciptakan oleh setiap manusia, dan bisa muncul dari sebuah keresahan-keresahan yang dihadapi. Semoga penemuan ini bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca sekalian untuk semangat berinovasi dan menciptakan karya, dan apabila Anda membutuhkan bantuan terkait jenis kekayaan intelektual apa yang tepat untuk melindungi karya anda, kami selalu siap mendampingi.

Jika Partners memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai Hak Paten, pendaftaran atau perlindungan Paten, jangan ragu untuk menghubungi kami di marketing@ambadar.co.id.

Sumber: 

  • Patent Scope WIPO: US5255452

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment