5 Cara Menjaga Rahasia Dagang

Dalam berjalannya kegiatan perusahaan, diperlukan cara tertentu dalam mengembangkan produk dalam perusahaan yang diharapkan dapat membawa keuntungan. Tidak dapat dipungkiri cara yang dapat ditempuh tersebut merupakan sebuah hal yang bersifat rahasia karena itulah yang dapat menjadi kunci suksesnya sebuah perusahaan.

Menurut Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang, menjelaskan bahwa Rahasia Dagang adalah informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi dan/atau bisnis, mempunyai nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatan usaha, dan dijaga kerahasiaannya oleh pemilik Rahasia Dagang.

Rahasia dagang sangat penting untuk dijaga karena hal itulah yang dapat membuat perusahaan semakin maju dan hal itu juga yang menentukan keunikan dari sebuah produk sehingga perusahaan dapat mendapatkan keuntungan karena produk tersebut. Berikut ini adalah cara untuk menjaga rahasia dagang, yaitu:

  1. Membuat perjanjian Non-Disclosure Agreement dengan pekerja

Beberapa kasus rahasia dagang membuktikan bahwa rahasia dagang dapat dibocorkan oleh karyawan atau mantan karyawan dari perusahaan tertentu. Dan jika tidak ada perjanjian untuk menjaga rahasia dagang perusahaan, maka karyawan akan lebih mudah untuk menyebarkan rahasia tersebut terutama jika karyawan sudah mendapatkan pekerjaan baru yang menjadi kompetitor perusahaan yang lama.

Memasukan klausul untuk tidak mengutarakan hal-hal yang dianggap rahasia merupakan salah satu cara untuk menjaga rahasia dagang perusahaan. Klausul
Non-Disclosure dapat dimasukan pada kontrak kerja antara perusahaan dengan karyawan. Bagi perjanjian yang mengandung klausul Non-Disclosure, maka para pihak atau salah satu pihak dilarang untuk menyebarluaskan informasi yang didapat.

 

 

  1. Mengontrol keamanan data elektronik maupun fisik.

Zaman sekarang beberapa data sudah dapat dengan mudah disimpan secara elektronik, namun masih banyak yang menyimpan dokumen fisik dari data perusahaan.

 

Keamanaan penyimpanan data baik elektronik maupun fisik harus sangat diperhatikan dan dikontrol secara berkala. Kontrol tersebut termasuk juga kontrol terhadap siapa saja pihak yang dapat mengakses suatu data elektronik dan juga fisik. Untuk sistem elektronik hendaknya selalu melakukan pembaruan-pembaruan keamanan agar data tetap terjaga.

 

  1. Melatih pekerja terkait cara menjaga rahasia dagang

Pelatihan karyawan adalah salah satu cara menjaga agar karyawan di perusahaan mempunyai kemampuan yang mumpuni dan membuat karyawan tetap beradaptasi pada perkembangan zaman.

 

Salah satu pelatihan yang sangat penting untuk karyawan adalah bagaimana menjaga data-data yang dianggap rahasia oleh perusahaan terutama terkait rahasia dagang. Pelatihan ini dapat berupa ajaran mengenai prosedur-prosedur dan hukum positif yang berlaku.

 

  1. Membentuk tim untuk mengontrol rahasia dagang

Pembentukan tim atau divisi khusus untuk memantau penggunaan rahasia dagang merupakan salah satu cara untuk menjaga rahasia dagang perusahaan. Namun tentunya hal ini bergantung pada kemampuan dan kapasitas dari perusahaan. Jika pembentukan divisi ini dirasa kurang efektif maka untuk mengontrol keamanan rahasia dagang perusahaan dapat memasukan hal ini ke dalam tugas salah satu jabatan tertentu.

 

  1. Menggunakan jasa advokat

Penggunaan jasa advokat dapat membantu perusahaan dalam menjaga berbagai macam resiko hukum yang dikemudian hari dapat menemui perusahaan. Hal itu juga termasuk menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia dagang. Advokat dapat secara langsung mengkaji dan menganalisis bagaimana jalan yang baik untuk perusahaan, agar dapat terlepas dari permasalahan dikemudian hari.

 

Rahasia dagang merupakan salah satu aset kekayaan intelektual, maka dari itu sangat tepat bagi perusahaan untuk menggunakan jasa advokat kekayaan intelektual.

 

Sumber:

  1. https://www.wipo.int/wipo_magazine/en/2016/01/article_0006.html
  2. https://www.findlaw.com/smallbusiness/intellectual-property/protecting-trade-secrets.html
  3. https://www.thebalancesmb.com/how-to-protect-your-trade-secrets-4590019
This entry was posted in Trade Secret. Bookmark the permalink.

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment