RAHASIA DAGANG : ALASAN DIBALIK PERSETERUAN TUAN KRABS DAN PLANKTON

RAHASIA DAGANG : ALASAN DIBALIK PERSETERUAN TUAN KRABS DAN PLANKTON

Hampir semua orang tahu mengenai serial animasi terpopuler di Nickelodeon yang berjudul SpongeBob SquarePants. Serial ini menceritakan tentang Spongebob SquarePants yang bekerja sebagai juru masak di sebuah restoran cepat saji bernama Krusty Krab yang dimiliki oleh Eugene H. Krabs (Tuan Krabs) dan menjual burger Krabby Patty. Disisi lain, Sheldon J. Plankton yang juga memiliki sebuah restoran makanan cepat saji bertaraf rendah bernama Chum Bucket yang terletak berhadapan Krusty Krab. Chum Bucket seolah-olah tidak pernah dikunjungi pelanggan, dan Plankton meluangkan kebanyakan waktunya untuk merancang peralatan untuk mencuri resep burger Krabby Patty milik Tuan Krabs.

Dari cerita Tuan Krabs dan Plankton, ada pelajaran menarik yang bisa diambil perihal mengapa Tuan Krabs sangat menjaga Resep Krabby Patty. Resep Rahasia Krabby Patty yang sangat dijaga oleh Tuan Krabs adalah sebuah Kekayaan Intelektual yang disebut Rahasia Dagang.  Rahasia Dagang adalah informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi dan/atau bisnis, mempunyai nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatan usaha, dan dijaga kerahasiaannya oleh pemilik Rahasia Dagang

Pengaturan mengenai Rahasia Dagang di Indonesia diatur dalam Undang – Undang Nomor 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang (UU Rahasia Dagang). Dalam Pasal 3 UU Rahasia Dagang diatur mengenai syarat – syarat suatu informasi yang dapat dilindungi oleh rahasia dagang yakni :

  1. Informasi yang bersifat Rahasia : informasi tersebut hanya diketahui oleh pihak tertentu atau tidak diketahui secara umum oleh masyarakat
  2. Mempunyai nilai ekonomi: informasi tersebut dengan sifat kerahasiaannya dapat digunakan untuk menjalankan kegiatan atau usaha yang bersifat komersial atau dapat meningkatkan keuntungan secara ekonomi.
  3. Dijaga kerahasiaannya melalui upaya sebagaimana mestinya: pemilik atau para pihak yang menguasainya telah melakukan langkah-langkah yang layak dan patut

Rahasia Dagang adalah kekayaan intelektual yang dilindungi. Lingkup perlindungan Rahasia Dagang meliputi metode produksi, metode pengolahan, metode penjualan, atau informasi lain di bidang teknologi dan/atau bisnis yang memiliki nilai ekonomi dan tidak diketahui oleh masyarakat umum.

Seperti halnya hak cipta, perlindungan rahasia dagang juga bersifat otomatis setelah informasi rahasia yang memiliki nilai ekonomi itu dijaga kerahasiaaanya melalui upaya yang semestinya sehingga tidak ada pendaftaran untuk perlindungan rahasia dagang. Yang unik dari Rahasia Dagang adalah, perlindungannya tidak memiliki batas waktu perlindungan sebagaimana jenis kekayaan intelektual lainnya. Perlindungan Rahasia Dagang akan berakhir apabila Informasi Rahasia tersebut telah diketahui khalayak dan sudah tidak dijaga lagi kerahasiaannya.

Resep Rahasia Krabby Patty adalah sebuah rahasia dagang, karena resep tersebut bersifat rahasia, memiliki nilai ekonomi dan juga dijaga kerahasiaannya. Upaya – upaya yang dilakukan oleh Tuan Krabs untuk menjaga resep rahasia Krabby Patty nya termasuk kedalam upaya yang patut dilakukan oleh seluruh pemilik Rahasia Dagang. Dan upaya Plankton untuk memperoleh atau menguasai Rahasia Dagang tersebut, termasuk kedalam pelanggaran atas Rahasia Dagang.

 

Sumber :

  • Undang – Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang
  • Spongebob SquarePants : https://id.wikipedia.org/wiki/SpongeBob_SquarePants
This entry was posted in Trade Secret, Trademark. Bookmark the permalink.

No comments yet.

Be the first to comment by using the form below.

Add comment